“Yakin Nikah?”, Kenali Dulu Pasanganmu Sebelum Menikah

0
157

“Kapan nikah?”

Pertanyaan ‘basi’ itu mungkin sering kita dengar, baik dalam acara kumpul bersama keluarga atau saat bertemu kawan lama. Sayangnya ada satu pertanyaan lain, yang harusnya ditanyakan bila seseorang sudah punya pasangan dan akan melangkah ke jenjang selanjutnya, yaitu..

“Yakin nikah?”

Sebuah pertanyaan bernada kritis, namun sebenarnya memang harus ditanyakan pada setiap orang yang ingin dan atau segera menikah. Karena tanpa disadari ada banyak orang yang sibuk dengan persiapan menikah tanpa berpikir atau bertanya pada diri dan pasangan masing-masing, apakah sudah yakin untuk menikah?

Cerita inilah yang coba dibawa oleh Secret Motion dan JBL Indonesia dalam web series “Yakin Nikah?”. Terdiri dari 5 episode (episode 1-4 + final episode) dengan durasi sekitar 12-13 menit, Yakin Nikah mencoba membawa permasalahan kehidupan pasangan yang “sudah memutuskan” menikah.

***

“Aku nyesel nikah sama kamu..”

Kalimat penuh emosi itu keluar dari mulut Bastian (Rama Michael) kepada Farah (Westny DJ). Perdebatan dan adu mulut membuat keduanya saling menyakiti dan melukai perasaan masing-masing, hingga kalimat “penyesalan” itu terucap dari bibir sang pria.

Adegan diputar kembali jauh sebelum pertengkaran hebat itu terjadi. Diceritakan, Bastian-Farah adalah pasangan muda yang baru menikah dan memutuskan untuk honeymoon. Pilihannya adalah roadtrip sambil camping di alam bebas. Di awal, kita akan melihat “kebahagiaan” mereka sebagai pasangan yang sedang dimabuk kasmaran, hingga akhirnya satu persatu masalah bermunculan.

Kehadiran sang mantan (Ibnu Jamil) yang selalu muncul tiba-tiba membuat keduanya (atau mungkin dalam hal ini hanya Bastian) terganggu. Ditambah ego masing-masing semakin memperuncing suasana. Farah yang selfish, egois, kekanak-kanakan dan mau menang sendiri harus berhadapan dengan Bastian yang sulit untuk mengutarakan perasaan dan pikirannya serta selalu lari dari masalah.

Akankah permasalahan tersebut semakin mempererat atau membuat hubungan mereka semakin merenggang. Apakah solusi dari pertengkaran adalah perpisahan? Sehingga membuat mereka bertanya-tanya..

“Yakin nikah?”

***

“Jika ingin tahu sifat pasangan kalian, ajaklah mereka ke alam bebas..”

Pepatah ini sangat benar adanya. Alam adalah guru terbaik. Ketika berada di tengah alam bebas, sifat dan karakter seseorang keluar dengan sendirinya. Dalam Yakin Nikah, diceritakan Bastian adalah pecinta alam yang hobi mendaki gunung. Karakternya pendiam dan cenderung tertutup (meski sejatinya tak semua pendaki seperti itu).

Sementara, Farah adalah penyuka pantai dan laut. Farah adalah representasi pecinta kebebasan yang tak suka dikekang (bahkan ada satu scene dimana dia menyebut mengikuti itinerary terasa kaku dan membosankan). Menariknya, kedua sifat berlawanan ini dipersatukan dalam sebuah pernikahan.

Latar belakang dari cerita yang awalnya berjudul “Honeymoon Trip” ini juga sangat indah, yaitu pemandangan alam dan pantai di Malang yang terkenal mempesona. Dengan tema masalah rumah tangga masyarakat urban dan traveling, Yakin Nikah menjadi tontonan menarik dan eyecathing.

Kredit harus diberikan pada Westny DJ yang mampu memerankan sosok Farah yang annoying dengan sangat baik. Ibnu Jamil (yang awalnya diplot sebagai Bastian) juga mampu membawakan perannya sebagai “pengganggu” dengan natural. Meski hanya berkutat pada tiga karakter, web series ini mampu membuat penonton tenggelam dalam rasa penasaran dan tanda tanya, terutama mengenai keputusan sebelum “yakin” untuk “nikah”.

Di era digital seperti saat ini, web series memang menjadi tontonan alternatif bagi kaum milenial yang sudah “meninggalkan” TV. Dengan media seperti YouTube yang bisa disimpan bahkan ditonton berulang-ulang, web series menjadi menjadi media yang mudah dan murah. Meski durasinya singkat, ceritanya sangat kuat seperti film, dan pesan dalam cerita juga tersampaikan dengan baik.

Peluang ini pula yang ditangkap oleh banyak brand untuk mensponsori web series sebagai media promosi. Di Yakin Nikah kita akan melihat product placement dari JBL Indonesia yang disematkan dengan sangat halus dan alami tanpa merusak inti dan makna yang terkandung dalam cerita. Karena itulah kenapa web series sangat digandrungi, bukan hanya oleh audiens, tetapi juga para creator dan brand sponsor.

Buat kalian yang belum menonton web series “Yakin Nikah?”, sebaiknya luangkan waktu untuk menontonnya karena pesan dari series ini bukan hanya untuk mereka yang ingin menikah saja. Buat para jomblo, series ini bisa menjadi referensi sebelum memilih pasangan dan mengenali karakternya terlebih dahulu sebelum akhirnya terlambat dan menyesal lalu bertanya-tanya, “apa aku sudah yakin jika menikah dengan dia?”

Btw, Yakin Nikah akan dibuat season 2. So, kita nantikan kelanjutan dari kisah Bastian dan Farah…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here