Di zaman sekarang hampir semua orang telah menggunakan platform e-mail. Namun, apakah penggunanya e-mail tersebut tahu bagaimana sistem ini bekerja?

Ada banyak jenis-jenis e-mail seperti Gmail, Yahoo Mail, atau E-mail Hosting. Nah salah satu perangkat yang menjalan platform pengeriman pesan digital ini ialah SMTP.

Apa itu SMTP? Dalam artikel ini akan dijelaskan sedikit mengenai pengertian dan cara kerja SMTP sebagai salah satu perangkat yang mengoperasikan e-mail.

Apa itu SMTP?

SMTP adalah kependekan dari Simple Mail Transfer Protocol. SMTP dapat diartikan sebagai suatu protokol yang digunakan sebagai medium komunikasi, dengan server untuk mengirimkan e-mail dari pengirim ke server, kemudian dikirimkan ke alamat e-mail peneriman.

Bagi kalian yang telah familiar dengan dunia teknologi, mungkin akan lebih mudah memahami pengertian ini. Namun, tentu pengertian ini relatif sulit untuk dipahami bagi kalian yang belum begitu familiar atau berkecimpung dalam dunia IT.

Untuk memudahkan memahami pengertian ini, saya dapat mengambil sebuah analogi. SMTP secara sederhana memiliki fungsi layaknya sebagai jembatan yang menghubungkan tiga perangkat sekaligus dalam proses pengiriman e-mail.

Tiga perangkat ini adalah pengirim e-mail, server platform e-mail yang digunakan, dan penerima e-mail.

Baca juga : Beli hosting termurah di sini

Lalu lintas dari protokol SMTP ini dikelola oleh Mail Transfer Agent (MTA) yang terdapat di dalam server e-mail yang digunakan.

MTA atau umumnya dikenal sebagai mail server ini merupakan satu di antara komponen utama yang terdapat dalam server internet.

Dengan demikian, bisa juga dipahami bahwa SMTP adalah perangkat yang digunakan oleh server dan platform pengiriman guna mengirim dan menerima pesan surat pada port Transmission Control Protocol (TCP) 25.

Cara Kerja SMTP

Agar penjelasannya lebih runtut, pembahasan ini akan dimulai dari TCP (Transmission Control Protocol).

TCP sendiri, merupakan sebuah jaring komputer yang bertugas untuk membagi pesan ke dalam beberapa paket yang akan ditransfer via internet.

Selanjutnya, paket-paket ini telah mencapai tujuan pengiriman, TCP akan bertugas kembali untuk menyatukan ke semua paket tersebut.

Dalam proses pengiriman e-mail, TCP sering kali berkolaborasi dengen Internet Protocol (IP). Peran yang dimiliki oleh IP ini sebagai alamat dari setiap paket yang telah dibagi oleh TCP. Artinya, peran dari IP untuk menjamin bahwa semua paket yang dikirimkan telah sampai pada tujuan yang benar. Keduanya lazim disebut sebagai TCP/IP.

Peran dari kedua server ini dapat Kita lihat dari proses komunikasi antara Browser Web dengan server Web. Selain itu, kedunya juga digunakan oleh banyak orang guna mengirim chatting online, game online, dan e-mail.

Di sinilah letak keterkaitan antara TCP/IP dengan SMTP. Bila di atas kita telah menyinggung bahwa SMTP adalah medium komunikasi yang menghubungkan antara pengirim, server, dan penerima email.

Maka SMTP sendiri merupakan salah satu protokol yang beroperasi dalam sebuah sistem utama yang dinamakan sebagai TCP/IP untuk menjalankan proses konfigurasi e-mail dalam sebuah e-mail client.

E-mail client sendiri dapat dipahami sebagai sebuah program di dalam komputer yang dapat memungkinkan untuk bisa membaca, mengelola, membalas e-mail, dan melakukan pengiriman e-mail baru.

Pada dasarnya, cara kerja dari SMTP sendiri sama dengan cara kerja dari pos surat atau bis surat. Ketika seorang pengguna akan melakukan pengiriman sebuah e-mail, maka SMTP akan dijadikan sebagai protokol bagi e-mail, untuk dapat masuk ke server.

Kemudian dapat diselaraskan dengan alamat tujuan yang dikehendaki oleh pengirim/pengguna. Apabila alamat yang dituju telah terindentifikasi sesuai, maka e-mail tersebut akan langsung melenggang ke alamat tujuan.

Kemudian bila e-mail telah terkirim, maka si pengirim akan mendapatakan pemberitahuan dari server tersebut. Bila alamat tidak sesuai, maka si pengirim juga akan mendapatkan pemberitahuan tersebut dan e-mail akan berhenti di server dan kembali kepada si pengirim.

Manfaat dari SMTP

SMTP ini juga mengandung beberapa manfaat, seperti:

  1. SMTP merupakan sebuah perangkat protokol pengirim surat elektronik yang dapat bekerja secara efisien.
  2. Perangkat ini memiliki kemampuan untuk mentransfer surat dengan menggunakan beberapa jaringan yang disebut sebagai “SMTP mail relaying”. Dengan kata lain, SMTP dapat digunakan untuk mentransfer dari satu proses ke proses yang berada dalam jaringan yang sama atau kepada jaringan lain. Inilah yang disebut sebagai proses relai atau sebuah gerbang yang dapat diakses oleh dua jaringan.
  3. SMTP adalah sebuah perangkat yang dapat menjamin e-mail terkirim kepada alamat yang sesuai. Karena, bila tujuan alamat keliru, maka SMTP akan mengembalikan e-mail tersebut kepada pengirim. Kedua aktivitas tersebut juga dilengkapi dengan notifikasi yang menjadi bagian dari cara kerja protokol ini.

Kesimpulan

Melalui adanya SMTP, lalu lintas pengiriman pesan eletronik menjadi semakin mudah, cepat, dan dapat diandalkan.

Nah, untuk kalian yang masih belum paham tentang SMTP. Semoga artikel ini bermanfaat serta menjadi pengetahuan baru untuk Kubbers semua yang masih bingun dengan mekanisme kerja dari perangkat ini.

 

Salam 3M,
Membaca, Menulis, Mengisnpirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here