#SeriBlogWorkshop – Pelatihan Blog untuk Pemula

7
337
pelatihan blog pemula

Sebagai komunitas yang mempunyai visi dan misi untuk memajukan dunia literasi, di bulan Juli ini Kubbu mengadakan #seriblogworkshop Pelatihan Blog untuk Pemula.

Program ini dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan yaitu pada tanggal 14, 21, dan 28 Juli 2019. Secara khusus, pelatihan blog juga dimaksudkan agar lebih banyak masyarakat terutama generasi milenial yang aktif dalam kegiatan penulisan yang diawali dengan menjadi narablog/blogger. Peserta diharapkan mempunyai blog baru dan dapat berkarya di dunia penulisan melalui media blog.

pelatihan blog - kubbu bpj
Peserta pelatihan blog pemula

“Go-Blog: Cerdas & Ngebut ala Blogger Zaman Now”

Mengambil tema “Go-Blog: Cerdas & Ngebut ala Blogger Zaman Now”, Kubbu mengharapkan para peserta yang sudah punya niat untuk ngeblog agar tak ragu-ragu dan langsung go saja. Selain itu, dengan mengikuti pelatihan blog ini mereka sudah mengambil satu langkah cerdas untuk bisa ngebut menjadi blogger hits ala zaman now.

Pelatihan yang dilakukan dengan sedikit teori dan lebih banyak praktik langsung ini, akan semakin membuat peserta paham dan mempunyai kepuasan tersendiri saat blognya sudah jadi.

Pertemuan I – Praktik Membuat Blog

Yang paling utama dipelajari oleh peserta adalah bagaimana membuat website pribadi atau blog. Di pertemuan ini, mereka yang belum mempunyai blog sama sekali belajar bagaimana membuat blog menggunakan platform WordPress.

Narasumber, Mas Febriyan Lukito (Blogger Indonesia & SEO Enthusiast) memandu peserta membuat blog di WordPress, melakukan pengaturan, tampilan, dan menu blog hingga blog siap untuk diisi.

Selain itu juga, disinggung tentang materi awal penulisan blog, sehingga peserta siap menulis di blog masing-masing. Dari pertemuan pertama, para peserta diberi tugas untuk membuat dua draf tulisan.

pelatihan blog pemula kubbu bpj
Mas Febriyan Lukito membantu langsung peserta yang kesulitan

Pertemuan II – Mengisi Konten Blog

Di pertemuan kedua, peserta belajar teknik mengisi konten blog yaitu mengunggah tulisan dilengkapi dengan gambar/foto atau video yang mendukung.

Mas Iman Ridhwan Syah (Fulltime Blogger dan Founder Bacalagers Media) sharing tentang tips bagaimana menghasilkan tulisan yang disukai oleh pengunjung blog serta bagaimana melakukan optimasi dasar (SEO) artikel blog.

Setelah materi kedua ini, diadakan kompetisi blog antar peserta. Mereka membuat tulisan minimal 500 kata dengan tema Alasan Saya Ngeblog, disertai dengan ketentuan sesuai dengan materi yang sudah dipraktikkan, antara lain penggunaan kata kunci (keyword) dan backlink artikel. Pemenang utama lomba blog mendapatkan hadiah sebesar setengah juta rupiah. Wow, kaan

pelatihan blog pemula kubbu bpj
Mas Iman menjawab pertanyaan peserta

Pertemuan III – Penghasilan Tambahan dari Ngeblog

Materi yang dibahas di pertemuan terakhir adalah tentang blog yang produktif, yaitu gimana caranya blog bisa menghasilkan uang. Tentunya materi ini yang ditunggu-tunggu juga.

Selain untuk sharing info, nggak ada salahnya kan kalau blog kita juga bisa menambah penghasilan. Bahkan nantinya bisa menjadi salah satu hobi yang dibayar, menjadi seorang fulltime blogger.

Materi ini disampaikan oleh seorang blog trainer, Mbak Shintaries yang juga founder dari komunitas Blogger Perempuan. Selain agar blog bisa nambah uang jajan, Mba Shinta juga berbagi tentang bagaimana sosial media bisa menjadi pendukung blog.

pelatihan blog pemula kubbu bpj
Peserta antusias mendengarkan

#Seriblogworkshop ini diikuti oleh kurang lebih 50 peserta baik dari internal komunitas Kubbu, anggota Backpacker Jakarta maupun umum. Peserta termuda adalah seorang anak SMA kelas 2 dan ia sangat antusias mengikuti pelatihan ini.

Di sela-sela pelatihan, panitia juga mengadakan lomba sosial media instagram dengan hadiah yang menarik tentunya.

Kerja Sama dengan Dispusip

Digawangi oleh dua orang koordinator (CP), Dewi Setyowati dan Deny Oey, seri pelatihan blog pemula ini diselenggarakan oleh Kubbu bersama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta (Dispusip).

Dispusip melalui kegiatan pemberdayaan komunitas memberikan fasilitas dalam rangka sosialisasi literasi kepada masyarakat luas yang dalam hal ini akan menciptakan narablog/blogger baru sehingga memperkaya dan memperluas jaringan literasi di Indonesia.

Sampai jumpa di Pelatihan Blog Tahun Depan

pelatihan blog pemula kubbu bpj
Peserta pelatihan blog 2019

Seri pelatihan blog ini merupakan bagian dari agenda bulanan Kubbu tahun 2019 yang sudah dirancang sejak awal tahun. Ini adalah kali kedua setelah di tahun 2018 juga diadakan pelatihan yang sama. Buat kamu yang pengen ngeblog, pengen punya blog, tetapi belum tahu caranya, tunggu kami tahun depan ya… Nantikan pelatihan blog selanjutnya.

Salam 3M,
Membaca, Menulis, Menginspirasi

7 COMMENTS

  1. Salah satu program keren KUBBU..sayang tidak bisa ikut pelatihan yang kedua karena sedang fokus urusan perkuliahan anak.
    Salut buat KUBBU..sukses terus dengan program program kerennya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here