Mencoba Suasana Terbalik Ala Upside Down World

0
46
upside down world

Pernahkah kamu merasa menjalani hidup yang flat alias normal-normal saja. Atau melakukan aktifitas yang sama tiap hari dengan tidak ada variasi?

Mungkin ada saatnya membuat hidup kamu lebih berwarna. Lakukan hal-hal baru yang bisa menyenangkan hati kamu. Salah satunya adalah dengan traveling ke tempat yang unik atau anti mainstream.

Banyak pilihan tempat yang unik tersebut, entah dari sisi konsep, lokasi, latar belakang sejarah dan lain sebagainya. Salah satu yang pilihan tempat yang unik dari sisi konsep adalah Upside Down World di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sesuai dengan namanya, mayoritas properti di tempat ini posisinya dibuat dengan terbalik. Terletak di Jalan Ring Road Utara, tempat ini tepat berada di pinggir jalan raya sehingga mudah dijangkau dengan kendaraan. Saya sendiri dan seorang teman saat itu mengunjungi Upside Down World dengan menggunakan jasa transportasi online.

upside down world

Saat itu, kami hendak membeli tiket masuk ke tempat ini. Rupanya kami keliru karena menuju tempat yang salah. Tempat yang saya tuju rupanya bukan merupakan pintu masuk. Kebetulan ada beberapa orang yang membantu dengan menunjukkan pintu masuk dan sekaligus tempat penjualan tiketnya. Saya dan teman saya akhirnya membeli tiket masuk seharga Rp. 60.000/orang. Cukup murah bukan untuk ukuran tempat seunik Upside Down World ini.

Oh ya, sebelum memasuki ruangan-ruangan di Upside Down World ini, pengunjung wajib melepaskan alas kakinya. Hal yang wajar karena dikhawatirkan jika pengunjung tetap menggunakan alas kakinya maka akan mengotori bagian dalam ruangan-ruangan Upside Down World ini. Bangunan Upside Down World sendiri dibuat bertingkat  dengan dua lantai.

Selama di Upside Down World ini pengunjung bisa minta bantuan kepada staf yang ada untuk membantu memotret jika memang diperlukan. Dan benar saja, ada beberapa spot Upside Down World yang membutuhkan bantuan pihak staf, baik untuk mengatur posisi badan maupun untuk memfotonya sendiri.

Buat kami yang berada di dalam ruangan Upside Down World, kesan pertama pasti mati gaya, bingung dengan pose untuk di foto. Terkadang kami harus memiringkan kepala atau bahkan berpikir sejenak agar angle-nya bisa sesuai dengan keinginan.

Spot-spot Menarik

Ruangan pertama yang saya masuki adalah spot ruang tamu. Di tempat ini furniture, menempel di dinding dan bahkan termasuk televisi juga ikut terpajang di atas sebuah meja.

Salah satu jendela terpasang di bagian plafon. Saya pun cukup rebahan di lantai saja untuk spot ini. Staf Upside Down World pun mengarahkan saya untuk berada di angle yang tepat.

upside down world

Spot kedua adalah sebuah warung mie instant, lengkap dengan spanduk mie instant tersebut dan spanduk sebuah produk rokok. Sebuah kulkas, terpasang di salah satu sudut spot ini. Untungnya kulkas tersebut diletakkan memang di bagian bawah. Gak kebayang kalau misalkan kulkasnya diletakkan di plafon, pengunjung tentunya takut-takut untuk berfoto hahaha….

upside down world

Di warung mie instant ini juga terdapat meja kayu dan kursi plastik sebagaimana kondisi riil-nya.

Spot yang ketiga adalah ruangan dapur. Menurut saya, spot ini yang paling rumit tapi hasilnya luar biasa bagusnya. Kitchen set serta makanan dan minuman berada di tempat ini, bahkan posisi kompor gas dan furniture dapur terpasang di plafon.

upside down world

Saya sebenarnya agak takut tapi juga kagum dengan spot ini karena posisi kompor gas dan furniture dapurnya yang berada di atas wkwkwk….

Spot selanjutnya adalah ruangan bersantai dan perpustakaan. Di tempat ini ruangannya cukup artistik. Wallpaper dengan gambar menara Eiffel dan juga papan nama bertuliskan Paris ada di tempat ini. Sebuah rak buku, beberapa lukisan, sebuah meja dan dua buah kursi bahkan papan catur terpasang di tempat ini.

upside down world

Spot keempat adalah ruangan dengan anyaman bambu di dindingnya. Setidaknya tiga sisi dindingnya dilengkapi dengan anyaman bambu. Di samping itu terdapat dua buah patung ayam serta sangkarnya. Meja, kursi dan sangkar ayamnya juga dibuat dari bahan bambu. Terniat banget yang membuat Upside Down World ini hahaha…

upside down world

Spot kelima adalah kamar tidur. Di tempat ini ranjangnya berada di bagian plafon ruangan. Sementara dindingnya ditempeli wallpaper dengan motif bunga, tentunya membuat suasana kamar menjadi nyaman. Beberapa furniture seperti kursi, rak kecil dan bahkan kaca ada di tempat ini.

upside down world

Spot yang terakhir adalah kamar tidur anak. Sama seperti spot ke lima, tempat ini dindingnya ditempeli wallpaper. Bedanya, motif yang dipakai di kamar anak adalah Hello Kitty. Beberapa pernak-pernik untuk anak juga ada di tempat ini, seperti mainan kuda-kudaan dan beberapa boneka juga ada di tempat ini. Yang paling menarik adalah boneka beruang karena ukurannya yang cukup besar.

upside down world

Dengan melihat properti yang menempel baik di dinding maupun di plafon ruangan, pihak pengelola Upside Down World pastinya sudah memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan untuk pengunjung. Ganti semua rasa khawatir jika kamu berkunjung di tempat ini dengan rasa takjub oleh keunikan tempat ini.

Jika penasaran dengan tempatnya, jangan ragu untuk bisa mengunjungi dan mengeksplore tempat ini. Sampai jumpa di artikel saya lainnya. Boleh blogwalking ke web pribadi saya di www.ristiyanto.com banyak artikel wisata menarik yang saya ulas di sana.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here