Keseruan Karnaval 2019 KUBBU BPJ

Hai Kubbers!

Selamat Hari Natal dan Tahun Baru, semoga kita semua selalu diberikan rezeki dan kesehatan ya, aamiin. Pada kesempatan kali ini kami mau cerita tentang keseruaan satu acara baru dari KUBBU, yaitu Karnaval 2019 (Karya Tahunan dan Festival Literasi).

Acara yang berlangsung di Perpustakaan Daerah Taman Ismail Marzuki, pada tanggal 7-8 Desember 2019 lalu, telah berlangsung dengan sukses dan lancar. Seperti apa sih keseruan acara Karnaval 2019 KUBBU BPJ? Yuk simak lebih lanjut.

Dibalik Acara Karnaval 2019 KUBBU BPJ

Sebelum membahas lebih jauh tentang Karnaval 2019 KUBBU BPJ, kami ceritakan lebih dahulu kisah dibalik nama tersebut.

Pada awalnya, Rama dan Inggit selaku PIC (Person in Charge) untuk acara Perayaan Ulang Tahun KUBBU yang ke-4, memberikan konsep beberapa lomba yang bisa diikuti oleh seluruh warga Backpacker Jakarta ataupun Non-Backpacker Jakarta untuk memeriahkan perayaan ulang tahun KUBBU.

Pertengahan Agustus 2019, Admin KUBBU (Bang Eka Siregar) memiliki ide agar konsep yang mereka miliki dibuatkan acara tersendiri dan nantinya akan diselenggarakan rutin setiap tahunnya. Atas izin pendiri Backpacker Jakarta, maka terciptalah Karnaval 2019.

Bukan hal yang mudah untuk menentukan nama sebuah acara, sebelum nama Karnaval tercetus banyak beberapa nama lain yang diusulkan panitia. Bulan September barulah terpilih nama Karnaval yang merupakan singkatan dari Karya Tahunan dan Fertival Literasi, dengan moto Saatnya Ber-K4rya.

panitia karnaval 2019 kubbu bpj - kubbu.net
Sebagian panitia Karnaval 2019 KUBBU BPJ

Kemudian, kami pun sepakat akan ada enam lomba yang akan diselenggarakan yaitu Baca Puisi, Baca Cerpen, Cipta Puisi, Cipta Cerpen, Blog, dan Kupat Tahu (Kuis Siapa Cepat Tahu).

Persiapan Karnaval 2019

Setelah sepakat dengan lomba dan konsep acara, di bulan Oktober kami mulai mempersiapkan semuanya. Mulai dari sebar informasi lomba, mencari sponsor acara, mencari juri lomba, sampai mempersiapkan ini dan itu untuk hari H acara.

Semua pendaftaran lomba resmi dibuka bulan November 2019, dan tak disangka Karnaval 2019 KUBBU BPJ disambut dengan antusiasme yang terbilang cukup tinggi. Untuk acara perdana, dengan 162 peserta yang daftar lomba itu sungguh di luar perkiraan kami. 40 orang untuk Cipta Puisi, 32 orang untuk Cipta Cerpen, dan 30 orang untuk Lomba Blog.

Penyerahan semua karya cerpen dan puisi ditutup pada tanggal 07 Desember 2019, begitu juga dengan lomba blog. Jadi, pada babak penyisihan dilakukan secara online. Semua peserta harus mengirimkan puisi dan cerpen yang mereka buat ke e-mail KUBBU, dan menulis artikel yang bertemakan “Literasi Digital” di Blog pribadi mereka.

Jumat, 06 Desember 2019 panitia sibuk mempersiapkan segala hal untuk hari H. Mulai dari belanja keperluan, dekor lokasi acara, sampai meeting terakhir.

dekorasi lokasi karnaval 2019 kubbu bpj - kubbu.net
Dekorasi lokasi Karnaval 2019

Hari Pertama Karnaval 2019 KUBBU BPJ

Babak penyisihan lomba baca puisi dan cerpen berlangsung pada hari Sabtu, 07 Desember 2019. Dalam babak penyisihan ini akan dipilih 5 finalis yang akan tampil membacakan puisi dan cerpen di babak final.

Juri yang hadir untuk menilai penampilan para peserta ada Bang Ossie (Founder Ruang Puisi Kita), Kak Agus (Dubber, Pengisi suara Suneo pada kartun Doraemon & Pria Topi Kuning pada kartun Curious George), serta Bang Eka Siregar (Admin KUBBU).

peserta baca puisi di karnaval 2019 kubbu bpj - kubbu.net
Salah satu peserta baca puisi

Para peserta tampil dengan penuh totalitas, ada yang membacakan puisi/cerpen sampai bersimpuh, hanya memakai handuk dan membawa koran, hingga memberikan efek suara selama pembacaan puisi/cerpen berlangsung. Semua peserta memberikan performa terbaik mereka agar lolos ke babak final.

Di akhir acara, juri mengumumkan 5 finalis yang akan tampil di babak final. Kelima final tersebut dinilai berdasarkan empat komponen yaitu Pemahaman Puisi/Cerpen, Dinamika Emosi, Artikulasi, dan Penampilan.

Hari Kedua Karnaval 2019 KUBBU BPJ

Minggu, 08 Desember 2019 hari terakhir Karnaval 2019. Lomba hari ini dimulai dengan Lomba Kupat Tahu. Untuk yang belum tahu, lomba Kupat Tahu merupakan sejenis cerdas cermat untuk mengetahui sampai mana pengetahuan para peserta terhadap Ejaan Bahasa Indonesia, Pengetahuan Umum, serta ingatan terhadap sebuah Novel menggunakan Kahoot.

Lomba Kupat Tahu berlangsung sangat seru karena gimmick yang dibuat oleh pembawa acara berhasil memancing emosi para peserta. Babak penyisihan Lomba Kupat Tahu terdiri dari 20 pasang peserta, yang akan dipilih 10 pasang peserta untuk masuk ke Babak Final dan 3 pasang peserta sebagai juara.

keseruan kupat tahu di karnaval 2019 kubbu bpj - kubbu.net
Keseruan saat Kupat Tahu

Para peserta diberikan 20 soal di babak penyisihan dan 15 soal di babak final. Semua peserta harus menjawab dengan cepat dan tepat untuk memperebutkan skor tertinggi.

Hadiah lombanya mungkin tidak seberapa, tapi harga diri kalian dipertaruhkan di perlombaan ini” – Celoteh peserta

Selanjutnya babak final Baca Puisi dan Cerpen dimulai, 5 peserta dari masing-masing kategori lomba mendapatkan satu buah puisi dan cerpen yang sama, yang harus dibacakan oleh mereka. Penilaian kali ini benar-benar akan terlihat sampai mana kemampuan para finalis untuk memahami makna suatu puisi dan cerpen.

Setelah melalui penjurian yang panjang, terpilihlah 3 pemenang di setiap perlombaan tersebut. Sedangkan untuk lomba Kupat Tahu, pemenang ditentukan berdasarkan nilai akhir pada aplikasi Kahoot.

Selain para pemenang cipta puisi dan cerpen, ada 12 peserta lain yang terpilih sebagai kandidat yang hasil karyanya akan dibukukan dalam Buku Antalogi yang akan diterbitkan oleh KUBBU BPJ.

Penasaran siapa saja pemenang Karnaval 2019 KUBBU BPJ? Kubbers bisa baca di sini, atau bisa juga cek sosial medianya KUBBU di sini.

Akhirnya, Karnaval 2019 berjalan dengan sukses dan lancar. Terima kasih untuk semua panitia, sponsor, peserta lomba, dan semua yang turut membantu suksesnya acara Karnaval 2019. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan di sana sini, semoga jadi pembelajaran kami ke depannya.

karnaval 2019 kubbu bpj - kubbu.net
Sebagian panitia dan peserta pada hari pertama

Salam 3M
Membaca, Menulis, Menginspirasi

 

Ditulis oleh : Rama Murtaba
Editor : Antin Aprianti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here