Fiksi Mini: Tahun Baru

1
103
fiksi mini

Hai Kubbers!

Pada postingan kali ini mimin mau share karya salah satu anggota Kubbu pada program SEMANGKA.

SEMANGKA alias “Semangat Merangkai Kata, Kak” merupakan salah satu program Kubbu pada hari Kamis. Program ini berlangsung mulai pukul delapan malam sampai pukul sepuluh.

Dalam program tersebut Kubbers bisa berkreasi membuat puisi, fiksi mini, prosa, dan pantun dengan tema yang sudah ditentukan.

Apa Itu Fiksi Mini?

Fiksi Mini adalah fiksi yang terdiri dari Judul dan 1-2 kalimat, bisa dalam bentuk dialog atau narasi. Fiksi Mini berupa cerita yang bisa membuat pembaca berimajinasi dengan bermacam-macam persepsi. Seringnya fiksi mini di luar logika, jleb, dan tidak puitis.

Fiksi Mini bukan sekadar menulis cerita dalam kalimat pendek. Namun, fiksi mini adalah sebuah pergulatan untuk menemukan plastisitas kisah yang memberi kita ruang imajinasi yang luas.

Kisah itu sendiri boleh “sekelebat”, tetapi ia merangsang kita sebagai pembaca untuk berimajinasi dan mengembangkan kemungkinan-kemungkinan tafsir. Kelebatan kisah itu menjadi semacam rangsangan bagi pembaca untuk menafsirkan teka-teki di dalamnya.

Fiksi mini tetap berisi cerita fiksi bahkan dengan alur yang lengkap meliputi awalan, konflik, dan penyelesaian. Hanya saja disajikan dengan kalimat-kalimat pendek. Tidak ada ketentuan berapa panjangnya, namun banyak karya (dan sering juga dibuat oleh orang), dengan kalimat yang sangat pendek. Selain itu juga to the point dan tidak bertele-tele.

Nah karena dengan kalimat yang terbatas itulah akhirnya timbul banyak persepsi dan imajinasi pembaca yang tak semua tertulis.

–disarikan dari berbagai sumber

Fiksi Mini dengan Tema Tahun Baru

DESEMBER

Aku datang untuk pergi lagi, meninggalkan semua janji manis yang kau ucap dan tak sempat direalisasi.

 

JANUARI

Aku datang untuk memberi kesempatan lagi. Merealisasi semua janji-janjimu yang dulu.

Karya di atas merupakan salah satu contoh fiksi mini karya Moses Adrian pada program SEMANGKA tanggal 07 Januari 2021.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here