Sudah lewat 30 hari sejak masa social distancing dan #dirumahaja. Sejak satu bulan bersembunyi di rumah dari serangan wabah COVID-19, aku merasa bersyukur kondisi kesehatan masih sehat dan aman.

Tanpa adanya social distancing, bisa kita bayangkan bagaimana penyebaran virus corona akan meningkat sangat cepat.

Hal penting yang harus kita lakukan adalah menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup guna menghindari virus corona, seperti mencuci tangan, memakai hand sanitizer, makan makanan yang bergizi, memakai masker jika keluar rumah atau sedang sakit, minum vitamin untuk menjaga imun tubuh, dan tidak keluar rumah pada saat mengisolasi diri.

Mengisolasi diri di rumah adalah salah satu cara paling aman. Sebagai anak introvert, bagiku rumah sangat nyaman dan membawa ketenangan. Aku bisa menghabiskan waktu untuk melakukan apa saja di rumah.

Hal ini sama juga ketika masa social distancing, di mana aku bisa mengisolasi diri di rumah aja. Jadi, aku tak perlu pergi ke mana-mana seperti berangkat ke kampus, nongkrong di mall atau kafe, dsb.

Untuk kalian yang tidak terbiasa di rumah aja dan mulai bingung ingin melakukan kegiatan apa di rumah, aku kasih tahu 5 cara menghabiskan waktu selama di rumah aja yang bisa kalian coba.

1. Kuliah Online atau Webinar

Cara menghabiskan waktu selama di rumah aja yang pertama adalah belajar online atau webinar.

Belajar online adalah salah satu sistem belajar jarak jauh yang efektif untuk murid atau mahasiswa. Sejak pemerintah meliburkan seluruh sekolah dan kampus biasanya sering ada kelas online untuk belajar bersama.

Akan ada tugas yang banyak dari guru atau dosen untuk menambah nilai dan tetap absen meski tidak datang ke sekolah atau kampus.

webinar cara menghabiskan waktu selama di rumah aja 
Pic by pixabay

Sedangkan webinar adalah singkatan dari web seminar, yaitu seminar yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet.

2. Bermain Games

Cara menghabiskan waktu selama di rumah aja yang kedua adalah bermain games.

bermain games cara menghabiskan waktu selama di rumah aja 
Pic by pixabay

Bermain games menjadi cara efektif mengusir rasa bosan selama di rumah aja. Ada banyak sekali games seru baik online maupun offline yang bisa kalian coba selama di rumah aja.

Namun, bermain games-nya jangan berlama-lama ya. Ingat untuk mengistirahatkan mata juga.

3. Ngeblog

Ngeblog atau menulis di blog juga bisa menjadi kegiatan seru untuk menghabiskan waktu selama di rumah aja.

Kalian bisa menulis tentang apa saja, baik keseharian ataupun ulasan seperti ulasan buku, film, dan lain sebagainya.

Selain ngeblog, bisa juga blogwalking alias berkunjung ke blog orang lain atau memantau pengunjung yang bertamu ke blog kita.

Jika tiba-tiba ada ide atau topik yang menarik, kalian bisa menulisnya terlebih dahulu di note agar tidak lupa. Kemudian menuliskan di blog ketika ada waktu luang.

4.Berselancar di Sosial Media dan Internet

Berselancar di sosial media ataupun internet sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia, apalagi selama social distancing.

Karena banyaknya waktu luang, kita jadi punya banyak waktu juga untuk menghabiskan waktu berselancar di sosial media seperti Instagram, facebook, ataupun twitter.

Selain berselancar di sosial media, bisa juga menonton youtube atau membaca beberapa informasi di internet.

5. Mendengarkan lagu dan Membaca Buku

Cara menghabiskan waktu selama di rumah aja yang terakhir adalah mendengarkan lagu dan membaca buku.

mendengarkan musik cara menghabiskan waktu selama di rumah aja 
Pic by pixabay

Mendengarkan lagu bisa kita lakukan bersamaan dengan mengerjakan hal lain, misalnya mengerjakan tugas atau membaca buku.

Jadi, selama di rumah aja kita bisa menghabiskan waktu untuk membaca buku yang sudah lama ditimbun sambil mendengarkan lagu.

Hayo siapa yang di rumahnya banyak timbunan buku? ayo selagi banyak waktu di rumah aja, waktunya menyelesaikan timbunan buku kalian.

Nah, itulah 5 cara menghabiskan waktu selama di rumah aja yang bisa kalian coba untuk mengusir rasa bosan selama masa social distancing dan #DiRumahAja.

Selamat mencoba 🙂

Salam 3M
Membaca, Menulis, Menginspirasi

 

Penulis : Alya Putri Herdinanti
Editor : Antin Aprianti

33 COMMENTS

  1. Nomer 4 selalu sy lakukan kak ada tak ada wfh wkwk..tp jd semakin rajin berselancar di sosmed sama ngeblog sih ya selama wfh

  2. Salah satu kegiatan yang gw lakuin saat masih wfh kemarin yaitu dengerin podcast..
    Dari beberapa yang gw dengerin, yang jadi favorit gw yaitu Podcast Subjective karena menurut gw podcasternya jeli melihat permasalahan sosial dan saat bertanya ke narasumber / bintang tamu itu kritis jadi gw berasa dapet view2 lain yang tadinya ngga kpikiran sama gw..
    Intinya ngga bikin bosen dengerin podcast ini..hehe.

  3. selama wfh aku menghabiskan banyak waktu dengan membaca dan ngeblog. Ada beberapa buku yang aku selesai baca. Buku lama yang sudah dibeli, tapi tak kunjung dibaca. Selain itu, nonton podcast di youtube juga jadi pilihan selama wfh.

  4. Jujur selama WFH kemarin, aku tuh seneeeeng banget. hehehe. Senengnya bukan dari segi musibah Covid-nya ya, tapi senengnya ya karena bisa seharian #dirumahaja. Selain menjalankan kewajiban mengerjakan pekerjaan kantor, di sela-sela itu juga banyak muncul ide-ide baru sih, mau bikin ini, bikin itu.

  5. Mostly kegiatan 1-5 ini berbasis online ya….kalau aki selama stay at home mencoba produktif dengan nyoba resep2 makanan dari youtube kalau bosen ya main tiktok…hahaaa….pengennya sih baca buku tapi masih males…hufft…

  6. Karena gak ngerasain wfh, jadi aku selama weekend biasanya isi waktunya dgn baca buku, ngedraft tulisan di buku, berselancar di media sosial heheh

    Tapi emg iya ya karena banyak di rumah ajah, pasti cari cara gimana ngilangin rasa jenuh

  7. WFH kemarin tidak sepenuhnya wfh. Tapi lumayanlah tidak setiap hari keluar. Masa transisi menuju new era, lebih senang kondisi jalanan saat pssb karantina. Setiap mau kekantor langit biru. Sekarang langi Jakarta sudah kembali kelabu. Hiburan gw melihat langit biru di jakarta sudah waktunya berlalu.

  8. Selama di rumah saja enggak kemana-mana di masa karantina, aku lakukan semua hal di atas, kecuali bermain games. Soalnya kalau aku juga main games juga siapa yang bakal negur suami dan kedua anakku kalau lupa waktu main games-nya ..kwkwkw. Dan aku tambahin, kalau aku plus nonton film…film lepas di tv channel yang sekali habis cerita,bukan yang serial karena kalau on going nunggu episode lanjutannya suka kelamaan

  9. Walalupun aku WFO, tapi kelimannya udah sering aku lakukan. Apalagi pas akhir pekan dan udah bingung mau ngapain lagi, berakhir dengan main game, berselancar di sosmed, nulis blog kalau nggak males, dan membabat timbunan yang sudah bertahun-tahun

  10. Walau di rumah aja aku merasa sama aja sie bedanya cuma ga dimarah2in bos secara langsung sama ga disuruh2 sama bagian marketing funding yang acap kali bikin berantem muluk bawaannya, terus enak juga WFH ga perlu senewen dengan macet sama ga dipotong gaji kalau datang terlambat hahaha, cuma beda tempat aja sie , kerjaan tetep aja sama wong masih jadi kuli corporate hahaha.

  11. Selama di rumah aja tuh, saya menghabiskn waktu yang paling sering adalah Berselancar di sosial media dan internet, Mendengarkan lagu dan Membaca Buku. Soalnya keadaan masih belum pulih.

  12. Ndak nyangka WFH demikian menyita waktu. Jam kerja jadi begitu panjang sampai rasanya kekurangan waktu. But… terimakasih Kubbu, tips mengisi waktunya noted banget jika suatu saat punya waktu luang….

  13. semua nya aku lakukann selama di rumah aja, dari yg pekerjaan via online (seringnya zoom) sampai main games terus dengerin musik dan meskipun ngeblog nya belom rutin sih selama di rumah aja kemaren.
    alhamdulillah skrng kantor ku sdh normal kembali masuk kerjanya dengan tetap maskeran dan sedia handsanitizer. sehat selalu untuk kita semuaa yaa

  14. Main Game..itu kegiatan anak saya tuh 😊
    Ibu nya sih tetap sibuk urusan rumah tangga dari mulai masak dan beres beres.
    Sekali kali ikut webinar juga sih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here