#Blogworkshop: Optimalisasi Blog WordPress

Optimalisasi blog, wordpress, blogger, kubbu, bpj

Halo kubbers, apa kabarnya nih? Semoga baik-baik saja yah. Oh ya tahun 2018 yang lalu, Klub Blogger dan Buku Backpacker Jakarta pernah mengadakan pelatihan blog, dan antusiasme peserta saat itu begitu besar. Banyak dari alumni pelatihan blog tersebut yang masih konsisten, bahkan menjadikan blognya sebagai penghasilan tambahan.

Di tahun 2019 ini, banyak yang bertanya-tanya apakah KUBBU kembali mengadakan pelatihan blog atau tidak. Maka pada bulan April 2019 KUBBU kembali mengadakan blog workshop dengan PIC yaitu, Inez Dwijayanti dan Dayu Anggoro.

Kenapa harus workshop? Hal ini didasari dari banyaknya pertanyaan di dalam grup KUBBU, dan membutuhkan penjelasan lebih dalam tentang platform wordpress.

Optimalisasi Blog WordPress 2019

Suasana saat workshop

Pada hari Minggu, tanggal 14 April 2019 diadakanlah #Blogworkshop Optimalisasi Blog WordPress yang bertempat di Perpustakaan Cikini Jakarta Pusat. Terselenggaranya workshop ini karena adanya dukungan dari berbagai pihak salah satunya Dinas Perpusip (Perpusatakaan dan Kearsipan) DKI Jakarta.

KUBBU yang memiliki jargon membaca, menulis, dan menginsprasi berharap dengan diadakannya workshop ini bisa menularkan virus kebaikan kepada teman-teman. Terutama narablog yang tergabung di grup KUBBU. Selain itu, dengan adanya workshop ini juga diharapan banyak teman-teman yang semakin konsisten menulis dan menginspirasi banyak orang melalui blognya masing-masing.

Pembukaan #Blogworkshop Optimalisasi Blog WordPress

optimalisasi blog wordpress - kubbu.net
Perwakilan Perpusip, Admin KUBBU dan Narasumber

Saat kegiatan berlangsung, sebagai pembuka para peserta yang hadir dan juga panitia berdoa terlebih dahulu, agar semua kegiatan berjalan lancar tanpa ada halangan apapun. Setelah berdoa, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, hal ini selalu dilakukan pada setiap kegiatan KUBBU untuk membangkitkan jiwa nasionalisme.

Sesi berikutnya adalah pemberian sambutan dari pejabat perpustakaan yang hadir yaitu Bapak Drs. Sunyamto, selaku Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Membaca. Selain itu hadir juga Kelapa Perpustakaan HB Yasin, Bapak Deki.

Saat acara berlangsung, pihak Perspusatakaan dan Dinas Perpusip mensosialisasikan tagar di sosial media peserta yaitu #bacajakarta. Hal ini dimaksud untuk membangkitkan minat para warga Jakarta untuk membaca buku. Dengan begitu literasi di Jakarta bisa meningkat.

Dinas Perpusip mengharapkan dengan adanya program #bacajakarta, dapat menumbuhkan generasi yang cerdas dan sadar akan literasi. Lalu Bapak Drs. Sunyamto juga mengenalkan aplikasi I-Jak di acara #Blogworkshop.

I-Jak adalah aplikasi perpustakaan digital Jakarta yang sudah dapat diunduh di android dan juga iOS. Selain itu juga i-jak bisa dibuka di iJakarta.id.

Menghadirkan Narasumber yang Berkompeten di Bidangnya

 Optimalisasi Blog, #Blogworkshop
Iman Ridhwan Syah sebagai Narasumber Workshop

Narasumber yang diundang untuk mengisi materi adalah Iman Ridhwan Syah. Beliau adalah seorang Full Time Blogger, tim pengurus Komunitas Blogger Jakarta, dan juga Founder dari Bacalagers Media.

Pengalaman Mas Iman sebagai orang yang bekerja di dunia blog, menjadi alasan KUBBU mengundang beliau sebagai narsum, untuk membagikan ilmunya di #Blogworkshop tahun ini.

Oh ya, FYI saja nih. Mas Iman itu dulunya memakai platform blogspot lho. Namun, pada akhirnya ia bermigrasi ke WordPress, alasannya yang paling utama karena adanya penutupan dari Google+. Menggunakan WordPress adalah pilihan terbaik untuk mengoptimalkan website, ditambah dengan banyak plugin yang tersedia di wordpress.

Jika di Blogspot setidaknya kita harus paham html untuk mengoptimalkan web, lain halnya dengan WordPress. Dengan segala fitur dan plugin yang tersedia di wordpress, kita tidak harus menguasai html.

Materi Penggunaan Plugin Dasar

Optimalisasi Blog, #Blogworkshop
Saat salah satu peserta bertanya kepada narsum.

Dalam acara workshop kali ini, materi yang diberikan kepada para peserta adalah penggunaan plugin dasar yang ada di wordpress. Karena dengan plugin yang kita pasang sangat berpengaruh pada kinerja web yang kita gunakan. Jadi para peserta dijelaskan dengan detail plugin apa saja yang harus digunakan, tergantung kebutuhan mereka.

Dari acara ini, KUBBU mengharapkan agar para peserta workshop dapat mengoptimalkan web mereka dengan maksimal, dan tetap konsisten membuat tulisan yang mengisnpirasi semua orang.

KUBBU berharap semua peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dari #Blogworkshop kali ini, dan mulai Optimalisasi Blog WordPress-nya. Untuk yang belum berkesempatan hadir di blog workshop kali ini, tunggu blog workshop di tahun 2020 ya ๐Ÿ™‚

Salam 3M,
Membaca, Menulis, Menginspirasi

 

Ditulis oleh : Dayu Anggoro
Editor : Antin Aprianti

25 COMMENTS

  1. Workshop yang patut diikuti buat pemula seperti saya, hanya sayang pada waktu itu jadwalnya bentrok.
    Semoga KUBBU buat lagi workshop membuat blog dari awal dan tidak bentrok dengan jadwal aku…kencengin doa

    • Workshop yang ini optimasi kak, lanjutan untuk yang workshop pemula.
      Untuk workshop pemula nanti akan ada lagi, ditunggu saja ya.
      Jangan lupa pantau terus grup dan sosial media KUBBU ๐Ÿ™‚

  2. Seru banget bisa hadir di acara workshop ini, banyak ilmu baru tentang SEO yang baru aku tahu. Pulang dari workshop berasa banyak banget PR hahaha

    Thanks KUBBU, ditunggu workshop-workshop selanjutnya

  3. Workshop kayak gini emang penting dan berguna dalam ngblog. Tulisan yang bagus akan menjadi lebih bagus jika ditunjang dengan optimalisasi blog itu sendiri.

    Ayo min, sering-sering ngadain workshop yang berkaitan dengan dunia menulis dan ngeblog ๐Ÿ˜€

  4. Min, adain pelatihan buat pengguna blogspot dong hehehe. Sempet juga pakai wordpress tapi yang gratisan hehehe. Denger cerita teman, katanya kalau mau migrasi dari blogspot ke wordpress cenderung sulit. Bener gak min?

  5. Wahhh inget banget ini workshop pertama kali yang aku ikutin, aku ga pernah, ga punya blog ikutan workshop ini, setelah liat igs dari salah satu kawan, tadinya ga dibolehkan ikut tapi akhirnya ikut wkwkwk. Terima kasih udah Nambahin ilmu buat aku pribadi . Semoga selalu dibuat acara next levelnya lagi ya.

  6. waktu bulan Juli 2019 aku pernah ikut pelatihan nya. dan rasanya emang seru banget karena dapet ilmu baru, wawasan baru di bidang blogging, tentunya juga temen baru

    perdana buat blog di wordpress rasanya masih harus terus belajar lagi, apalagi teknis2 nya seperti SEO. masih hrus pelan2 untuk bisa memahami nya ๐Ÿ˜Š

  7. Sebagai pemula, saya pernah ikut pelatihan blog di tahun 2018 dan belajar banyak ilmu baru di sana. Sayangnya, belum optimal ngeblog sampai sekarang. Tapi melihat antusiasme anak2 Kubbu yang semangat belajar, jadi mau belajar lagi deh. Hehe.

  8. Wahh apakah aku harus pindah ke WordPress? Waktu itu sempet mau bikin satu blog lagi dengan wp, tp kok kayaknya ribet ya… Apa akunya aja yg terlalu gaptek… Hehehehee…. Ditunggu workshop 2020 moga bisa join.

  9. Selama workshop saya ‘sibuk’ catat di HP point-point penting ( selebihnya, super penting ) untuk optimally blog WP. Duh saya sayang, hampir satu tahun berlalu, blog saya masih jalan di tempat…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here