Bakti Sosial “Selaras Dalam Jiwa”

bakti sosial selaras dalam jiwa - kubbu.net
Seluruh peserta, panitia, dan pihak panti

Hallo Kubbers….

Sebagian kubbers mungkin penasaran, kenapa KUBBU membuat acara bakti sosial ke Panti Rehabilitasi Mental Jiwa Sehat untuk pertama kalinya.

Kubbers pasti tahu dong, setiap QT (Quality Time) dengan tema Self Development di grup WA selalu mendapat perhatian dan banyak warga KUBBU yang antusias. Penyebabnya, tiada lain dan tiada bukan karena terdapat topik psikologi di dalamnya.

Hal inilah yang membuat QT ini kadang menjadi ajang curcol. Untungnya, Mbak Tuty selaku narasumber QT Self Development orangnya baik hati dan bijaksana memberikan masukan dan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang ada.

Dibalik Acara Bakti Sosial “Selaras Dalam Jiwa”

Jika di flashback, saat perayaan ulang tahun Klub Blogger dan Buku (Kubbu) di Bogor pada tanggal 1-2 Desember 2018, terdapat sesi diskusi dengan Mbak Tuty sebagai narasumbernya. Di salah satu bagian, Mbak Tuty memberikan materi tentang kesehatan jiwa.

Intinya kita yang sehat secara rohani ini bisa melakukan kegiatan secara normal, berbeda dengan mereka yang mengalami gangguan jiwa. Atas dasar itulah Mbak Tuty memberikan ide membuat kegiatan kunjungan ke tempat orang dengan gangguan jiwa di Rumah Sakit Jiwa (RSJ).

Bang Eka, sebagai salah satu Admin Kubbu pun menanggapi positif ide dari Mbak Tuty tersebut. Di hari itu juga, Bang Eka menunjuk saya dan Juna untuk menjadi Person In Charge (PIC) kegiatan.

panti bakti sosial selaras dalam jiwa - kubbu.net
Panitia dibalik acara bakti sosial

Untuk kegiatan sendiri, diberi tema “Selaras Dalam Jiwa” karena seseorang tentunya harus seimbang antara kesehatan jasmani maupun rohani. Orang yang kelihatan sehat secara fisik, belum tentu sehat juga jiwanya. Oleh karena itu, kesehatan jiwa juga merupakan hal yang penting dan selaras dengan kesehatan jasmani.

Beberapa hari setelah acara di Bogor tersebut, saya dan Juna langsung berkoordinasi untuk mencari lokasi untuk bakti sosial tersebut. Beberapa RSJ yang kami hubungi rupanya hanya bisa menerima kunjungan dari pihak luar pada hari kerja saja. Sedangkan kegiatan ini sudah direncanakan untuk dilakukan pada saat weekend, sebagaimana kegiatan-kegiatan di BPJ lainnya. Akhirnya kami pun mencari alternatif selain RSJ, seperti yayasan dan panti.

Juna akhirnya menjadi penyelamat karena saat itu berhasil mendapatkan tempat untuk kunjungan tanggal 27 Januari 2019, yaitu Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2 yang berlokasi di Cipayung, Jakarta Timur. Kebetulan lokasi panti sosial sendiri tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Juna.

Hari Sabtu, 5 Januari 2019 Juna langsung mengunjungi panti sosial tersebut untuk berkoordinasi dalam hal pelaksanaan kegiatan. Dari keterangan yang disampaikan oleh pihak panti sosial, mereka membutuhkan tempat cuci piring untuk perempuan. Hal itu dikarenakan tempat cuci piring yang ada saat ini masih bercampur dengan kamar mandi wanita. Jadi, tempatnya sangat tidak memadai dan mereka mengharapkan bantuan dari pihak luar untuk bisa membuat fasilitas tempat cuci piring tersebut.

Tanggal 15 Januari 2019, giliran saya datang ke Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2 untuk melakukan koordinasi lanjutan. Saat itu, kebetulan saya bertemu dengan Ibu Kepala Panti Sosial, yang kebetulan namanya Ibu Tuti, mirip dengan nama narasumber QT Self Development, yaitu Mbak Tuty.

Dari pembicaraan dengan beliau, diperoleh informasi bahwa sangat jarang ada pihak yang mengunjungi panti sosial untuk orang dengan gangguan jiwa. Alasannya, karena stigma masyarakat terhadap orang dengan gangguan jiwa sangat buruk. Ibu Tuti sendiri sangat mengapresiasi Kubbu karena akan membuat kegiatan di panti ini.

Ibu Kepala Panti juga menyampaikan bahwa sebetulnya tidak hanya tempat cuci piring, pihak panti juga menyampaikan kebutuhan berupa atap untuk tempat cuci piring bagi perempuan tersebut. Namun, untuk atap tersebut bisa dilakukan belakangan. Yang menjadi prioritas dan sangat mendesak adalah adanya tempat cuci piring bagi perempuan.

kondisi tempat cuci piring di panti - bakti sosial selaras dalam jiwa - kubbu.net
Tempat cuci piring menyatu dengan kamar mandi

Anggaran yang diperlukan untuk pembuatan tempat cuci piring adalah sebesar Rp. 7.005.000, sedangkan untuk atap tempat cuci piring dibutuhkan Rp. 3.410.000. Dengan demikian jumlah anggaran yang diperlukan sebesar Rp. 10.415.000.

Tentang Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2

Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2 mempunyai luas lahan 6270 m2 dan luas bangunan 5237 m2. Kondisi bangunan Panti Sosial memang sudah tua dan drainase yang rusak sehingga (maaf) membuat suasana kurang nyaman.

wbs - bakti sosial selaras dalam jiwa - kubbu.net
Warga Binaan Sosial sedang nonton bareng

Beberapa permasalahan yang terjadi adalah:

  1. Tingginya tingkat prevalensi Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) / Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) terlantar di Provinsi DKI Jakarta.
  2. Tidak seimbangnya antara Warga Binaan Sosial (WBS) yang direhabilitasi baik medik maupun sosial dengan yang keluar pasca rehabilitasi.
  3. Belum adanya Memorandum of Understanding (MOU) antara daerah penyangga dengan Pemprov DKI Jakarta untuk penanganan ODMK/ODGJ pada daerah pinggiran kota.
  4. Sekitar kurang lebih 90% WBS tidak mengenal keluarga dan alamat daerah asalnya.
  5. Kurangnya pemahaman masyarakat terhadap ODMK/ODGJ.
  6. Masih adanya stigma di masyarakat mengenai ODMK/ODGJ.

Saat ini, Panti Bina Laras Harapan Sentosa 2 menampung sekitar 600-an WBS. Bisa dibayangkan betapa banyaknya orang yang harus ditangani di sana.

Penggalangan Donasi

Sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh pihak panti sosial bahwa untuk prioritas saat ini mereka membutuhkan tempat cuci piring dengan anggaran sebesar Rp.7.005.000.

Panitia kegiatan dan dibantu oleh member dari Kubbu pun menyebarluaskan rencana bakti sosial tersebut, baik secara online maupun offline. Alhamdulillah, rupanya banyak orang yang tertarik dengan kegiatan bakti sosial ini dan ikut mendaftarkan diri sekaligus berdonasi. Terdapat juga partisipan yang ikut memberikan donasi tetapi tidak hadir dalam kegiatan.

Menjelang pelaksanaan bakti sosial, saya menerima pesan WA dari seorang donatur, yang kebetulan adalah seorang arsitek interior dan juga kontraktor. Beliau menyampaikan bahwa akan menyanggupi untuk membuatkan tempat cuci piring bagi perempuan, sekaligus juga atap tempat cuci piringnya dengan biaya sebesar Rp.10.415.000.

Beliau juga menyarankan agar donasi yang sudah terkumpul nantinya digunakan untuk kebutuhan lainnya. Saya merasa terharu juga saat itu, karena ternyata ada banyak orang dermawan berhati emas di luar sana.

Pelaksanaan Bakti Sosial

Kegiatan bakti sosial yang dilakukan tanggal 27 Januari 2019 di Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2, dibagi menjadi 4 sesi yaitu:

  1. Diskusi “Selaras Dalam Jiwa”;
  2. Penyerahan Donasi;
  3. Keliling Panti Sosial; dan
  4. Diskusi Psikologi.

Peserta yang berdonasi dan ikut hadir sebanyak 51 orang. Sedangkan partisipan yang memberikan donasi tetapi tidak dapat hadir sebanyak 37 orang.

peserta yang hadir di bakti sosial selaras dalam jiwa - kubbu.net
Warga Kubbu yang hadir

Sampai dengan di hari H, donasi yang terkumpul sebesar Rp 10.001.882. Donasi tersebut dialokasikan untuk kebutuhan panti seperti gelas, mangkok, biskuit, minuman, kipas angin, kursi plastik, dan sisa donasinya kami serahkan dalam bentuk uang tunai.

penyerahan donasi - bakti sosial selaras dalam jiwa - kubbu.net
Penyerahan simbolis donasi pembangunan tempat cuci piring

Pembangunan Tempat Cuci Piring Beserta Atapnya

Pihak donatur yang bersedia melakukan pembuatan tempat cuci piring perempuan beserta atapnya juga sudah merealisasikan komitmennya.

Rekan Sang Donatur juga membantu Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2 dengan memasang keramik pada area dapur.

tempat cuci piring baru - bakti sosial selaras dalam jiwa - kubbu.net
Tempat cuci piring baru

Melalui tulisan ini, saya dan panitia kegiatan mengucapkan terima kasih kepada partisipan yang telah membantu pelaksanaan bakti sosial di Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2, baik yang bisa hadir maupun yang tidak bisa hadir di acara tersebut.

Terima kasih juga kami ucapkan kepada pihak arsitek interior sekaligus kontraktor (yang merahasiakan namanya) dan juga rekannya, karena sudah berkenan membantu pembuatan tempat cuci piring beserta atapnya, serta memasang keramik pada area dapur. Semoga Tuhan membalas kebaikan semua pihak yang terlibat di bakti sosial ini, Amiinn.

Salam 3M,
Membaca, Menulis, Menginspirasi

 

 

Ditulis oleh : Ristiyanto
Editor : Antin Aprianti

21 COMMENTS

  1. Salah satu kopdar KUBBU yang paling berkesan di 2019. Antara takut, haru, dan kasian, campur aduk pas keliling area panti. Sayangnya saat dijelaskan tentang panti nggak bisa nyimak karena nyasar sama Mbak Titi.

  2. Terharu banget bacanya…. Sesuai dgn tagline kubbu semoga tulisan dan kegiatan ini makin menginspirasi banyak orang utk melakukan kegiatan yg sama. Semoga stigma buruk terhadap orang dengan gangguan jiwa pun makin berubah menjadi lebih baik.

  3. Yuk Kubbu adakan kegiatan bakti sosial lagi, selaraskan kesehatan jiwa kita dengan empati dengan kesehatan jiwa sesama. Terimakasih Kubbu, telah merealisasi saran saya.

  4. Alhamdulillah masih banyak yang memberikan donasinya untuk panti sosial bina laras harapan sentosa 2 melalui Kubbu, semoga kubbu selalu menginspirasi dan para donatur diberikan balasan rezeki yang melimpah.

  5. Yuks Kubbu adakan kegiatan serupa lagi di tempat lain. Peduli kesehatan jiwa kita dengan memahami kesehatan jiwa sesama

  6. Kubbu emang ngga bisa berhenti bikin saya takjub. Selalu bisa memberikan banyak manfaat kepada orang lain. Semoga tetap bersahaja dan berjaya Kubbu

  7. Salut sama KUBBU yg selalu menyebarkan hal positif di mana pun baik di grup WA dengan motivasi menulisnya baik dr arisan blog, pelatihan blog, sampai mengajak anggotanya untuk berbagi.

  8. Selaras dalam jiwa..semoga Kubbu , angggotanya dan semua yang berdonasi diberikan berkah melimpah. Lain waktu acara seperti ini bisa jadi agenda rutin terutam kunjungan ke panti yang sepi donasi.
    Semoga juga penghuni dan pengurus panti diberi kesehatan dan kemudahan urusan.
    Aamiin

  9. Semoga KUBBU selalu menginspirasi dan bisa memberikan hal-hal yang positif kepada orang lain. dan Semoga kegiatan sosial seperti “Selaras Dalam Jiwa” ini dapat dilaksanakan lagi untuk kedepannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here