7 Tips Memilih Nama Domain Blog

7-Tips-Memilih-Nama-Domain-Blog

Kali ini Kubbu ingin berbagi informasi seputar tips memilih nama domain blog. Bagi kamu yang baru menggeluti dunia blogging pastinya ingin memiliki blog TLD dong.

Apa sih TLD itu? TLD adalah Top Level Domain. Untuk lebih mudah penjelasannya, domain tersebut sudah berubah menjadi .com, .net dan lain-lain.

Bagaimanakah membeli domain? Untuk membeli domain bisa melihat tutorial di Cara Membeli Domain ya.

Berikut tips memilih nama domain blog untuk kamu.

1. Pilih Domain Sesuai Niche

Tips memilih nama domain blog yang pertama adalah pilih domain sesuai niche.

Ketika memilih nama blog, kita harus memikirkan niche apa yang akan kita garap di blog. Apakah seputar parenting? Traveling? Masak? Hobi? Film?

Kalau memang blog kita mau fokus ke masakan, maka lebih bagus memilih nama blog yang berbau masakan. Misalnya ayomasak, rahasiadapur, masakanbunda, dan lain-lain.

Mau blognya isi gado-gado atau nama kerennya Lifestyle? Maka kamu harus mencari domain yang umum, dan mudah diingat. Kemudian mulailah branding.

2. Pilih Domain yang Mudah Diingat

Tips memilih nama domain blog yang kedua, pilih domain yang mudah diingat.

Masih bingung mau menulis blog tentang apa? Kamu bisa mulai dengan kata yang mudah diingat, atau memulainya dengan nama sendiri. Misal nama kamu Nana, kamu bisa membuat blog dengan domain diarynana, nanaworld, nanacorner, hellonana, dan lainnya.

Nama domain lebih baik pilih yang pendek dan mudah diingat. Jangan memilih nama domain yang terlalu panjang agar mudah diingat.

Kamu juga jangan memilih domain blog dengan menggunakan tanda baca. Hal ini menyulitkan pengunjung untuk mengingat nama domainnya.

Selain itu juga lebih ribet untuk mengetikkan domain dengan tanda baca. Jangan hanya demi mengejar domain yang sesuai dengan kata kunci, lantas memaksakan diri membuat nama domain dengan tanda baca “-“.

Nama domain memang memiliki pengaruh dalam SEO, namun banyak hal penting yang lebih berpengaruh untuk muncul di halaman pertama google.

3. Nama domain Blog Jangan Alay

Tips memilih nama domain blog yang ketiga ini sangat penting, pilih nama domain blog jangan yang alay.

Kembali lagi soal branding pada blog. Sebaiknya hindari nama domain yang alay. Contoh alay seperti 4kuy5s3l4lud14k1t1 (baca : aku yang selalu disakiti), akupinkygirl, dan lain-lain.

Daripada alay, sebaiknya pilih nama domain yang unik dan tidak pasaran. Nama domain yang unik bisa menjadi brand yang baik bagi blog kita, karena pengunjung akan selalu mengingatnya.

4. Pilih Nama Domain Blog Sesuai Wilayah

Bila kamu mau membuat blog yang menargetkan wilayah, kamu bisa menambahkan nama wilayah di dalam nama domainnya. Misalnya pelukisjakarta, travelerjogja, kpopersjakarta, dan lain-lain.

5. Pilih Ekstensi yang Sesuai Dengan Blog

Pilih-Ekstensi-tips-Memilih-Nama-Domain-Blog

Ekstensi yang paling populer untuk saat ini adalah .com, diikuti dengan .net, .or.id, .id.

Apabila website kita menampilkan seputar informasi, boleh menggunakan .info. Bila kita memiliki website yang berbadan hukum bisa menggunakan .co.id. Bila website kita merupakan organisasi bisa memilih .or.id.

Seringkali kita melihat promo di website penyedia jasa domain dan hosting ada promo domain yang murah. Misalnya saja sering ada promo .online, site, .xyz dengan harga di bawah Rp20.000. Sebaiknya kamu baca lagi promonya.

Berapakah biaya yang dikenakan setelah melewati tahun pertama? Biasanya harganya jauh lebih mahal daripada perpanjangan domain .com, bisa 2-3 kali lebih mahal (berkisar di harga Rp300.000-Rp500.000). Jadi jangan mudah tergiur ya dengan promo. Bila biaya bukan masalah bagi kamu, tidak apa-apa ambil promonya.

Jika kamu mulai serius membuat blog, sebaiknya jangan menggunakan extension gratisan.

Namanya juga gratisan ya, kalau ada kendala dengan blog kamu, mau protes juga susah. Untuk belajar, tidak apa-apa pakai domain gratisan.

Namun bila ingin fokus blogging secara profesional, sebaiknya membeli domain berbayar. Pastinya bila ada kendala kamu bisa langsung komplain ke penyedia jasa.

6. Beli Domain yang Berhubungan Dengan Blog Kamu

Bila kamu memang ingin serius membangun blog kamu dan branding blog, lebih baik beli semua ekstension yang berhubungan dengan blog kamu. Misalnya kamu memiliki blog kubbu.net, sebaiknya kamu beli juga kubbu.com, kubbu.co.id, kubbu.id, dan lain-lain.

Sehingga bila ada pengunjung salah ketik ekstension, traffic pengunjung tersebut dapat diarahkan ke website utama kamu yaitu kubbu.net.

Bayangkan bila kompetitor yang membelinya dan membuat website sejenis. Kamu sudah mengeluarkan biaya, waktu dan tenaga untuk investasi branding website, tapi malah kompetitor yang dapat traffic gratis dari kamu.

7. Pilih Penyedia Jasa Domain dan Hosting yang Memberikan Layanan Purna Jual Baik

Tips memilih nama domain blog yang terakhir, pilih penyedia jasa domain dan hosting yang memberikan layanan purna jual baik.

Jangan hanya tergiur karena promo yang murah, tapi kamu  juga harus mengecek apakah layanan purna jualnya baik.

Salah satu cara mengetesnya kamu bisa tes melalui fitur live chat dan mulai bertanya-tanya dengan customer support yang online.

Tanyakan kepada teman yang sudah memiliki blog. Bagaimana pelayanan penyedia jasa domain dan hosting yang dia gunakan? Apakah responsif bila ada kendala? Kumpulkan informasi dan coba bandingkan dan harga dan pelayanannya.

Poin ketujuh ini sangat penting, karena jika terjadi sesuatu pada blog kamu. Kamu harus mudah menghubungi penyedia jasa tersebut.

Bagaimana sudah tercerahkan setelah membaca tulisan ini? jadi, untuk kamu yang masih bingung memilih nama domain blog. Semoga 7 Tips Memilih Nama Domain Blog bermanfaat untuk Kubbers semua.

 

Salam 3M,
Membaca, Menulis, Menginspirasi 

26 COMMENTS

  1. Setuju banget sama nomor 2 dan 3. Nama domain sebaiknya yang mudah diingat dan nggak alay, jadi pas kita promosiin ke orang juga mudah dan gampang diingat oleh orang lain.
    Nomor 7 paling penting sih menurutku, apalagi kalau pengguna wp yang harus pake hosting, jangan sampai salah pilih nanti kita yang rugi sendiri

    • Pilih nama blog awalnya mikir banget, pengen kasih nama apa ya? Lama-lama bingung sendiri. Akhirnya pakai nama sendiri aja deh.
      Nahh bener banget pilih hosting yang menyediakan layanan terbaik, supaya kalau ada trouble jadi cepet penyelesainnya.

  2. milih nama untuk domain itu gampang-gampang susah. Harus seusai dengan tema blog dan personal kita. jadi mesti dipikirkan matang-matang karena bakal dipakai dengan waktu yang lama.

  3. Hemmm…semestinya, sudah saatnya saya ndak pakai yang gratisan lagi ya. Kubbu mau ndak bantuin saya, cari nama domain yang sesuai dengan niche saya? Btw makasih saya informasinya.

  4. Memilih nama domain tuh butuh pemikiran panjang sebenernya, apalagi yang benar2 mau serius terjun di dalam dunia blogging. Karena memilih nama domain lebih ribet dibanding memilih nama niche.

  5. Ekstensi jadi punya berapa blog tuh, gimana urusnya, 1 blog aja blm apik ngurusinnya btw jasa hosting memang segitu ya setahun aku sekitar 528K blm domain perpanjangan 160K , semoga selalu menghasilkan dari blog biar bisa terawat terus tanpa harus ambil pendapatan yang bukan dari blog huhuhuhuh, blog aja dirawat apalagi kamohh hahahaah.

  6. Sampai sekarang saya masih bingung dengan urusan mengganti domain gratis dengan domain berbayar.
    Info diatas sangat membantu saya dalam mengenal dunia blog.

  7. Aku sempat jeda di sini: 4kuy5s3l4lud14k1t1 ..oalah ternyata aku yang selalu disakiti hihi
    Memang kalau niatnya serius ngeblog pemilihan nama domain blog mesti dipertimbangkan baik-baik. Bisa merujuk pada 7 tips di artikel ini, misalnya.

  8. Pilih nama blog susah2 gampang yaa, dulu pilih nama blog yaa karena emang pingin branding diri aja mangkanya pakai mama sendiri haha.

    Tapi nama blog aku ga alay kan ya min? 😆

  9. jadi inget pas lagi ikut kelas blog pemula dari kubbu. salah satu nya memilih nama domain untuk blog. setujuu jangan yang alay apalagi yang penyebutannya susah. aku share tulisna ini ke temenku yg masih blom tld blog nya yaa kak..

  10. Aku ingat banget ini materi kelas blog dari Kubbu. Dan iya, pilih nama blog itu cukup sulit menurutku. Karena bingung juga mau fokusnya ke apa saat itu. Untungnya diajari juga kalau bisa pakai nama sendiri. Next time, mau dong kakak2 berguru gimana cara supaya blognya bisa menghasilkan seperti kalian. Hehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here