cara-meningkatkan-kemampuan-bahasa-inggris
Pic by BiljaST

Untuk kalian yang sedang belajar Bahasa Inggris, sudah sejauh apa progresnya? Apa masih gitu-gitu saja dari dulu?

“Sudah belajar Bahasa Inggris sejak Sekolah Dasar hingga kuliah, tapi ko kaya nggak ada kemajuan, ya?” ucap salah seorang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi swasta.

Lalu apa yang salah selama ini? Dari sistem belajar di sekolah atau dari kalian sendiri? Coba renungkan, selama ini kalian sudah usaha yang maksimal, kah? atau biasa saja sekadarnya?

Gini ya, kalau ada pepatah bilang usaha tidak akan mengkhianati hasil, itu benar sekali. Jadi, kalau usahanya segitu saja ya hasilnya juga segitu saja.

Baiklah, langsung saja kita bahas 4 cara meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris.

1. Asah Kemapuan Bahasamu

Untuk mengasah kemampuan berbahasa, dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya:

  • Mendengar

Asah kemampuan mendengar kalian dengan mendengarkan lagu favorit, video youtube, siaran radio, film, talk show, hingga mengunjungi seminar yang berkaitan dengan bidang kalian saat ini.

Hal ini bisa menambah kosakata yang kalian miliki, dan melatih kemampuan dalam pelafalan kata atau ungkapan dalam Bahasa Inggris.

  • Berbicara

Biasakanlah berbicara Bahasa Inggris baik langsung maupun melalui voice chat dengan teman kalian yang sevisi.

Kalian juga bisa rekam suara dengan berbicara monolog ataupun membaca sebuah artikel. Dengan begitu kalian tahu dan bisa mengoreksi diri kalian sendiri apakah pengucapan dan intonasinya sudah pas atau belum.

  • Membaca

Cara ini juga berguna untuk menambah kosakata. Kalian bisa memulai dari bacaan yang bahasanya ringan, atau mulai dengan buku yang kalian sukai.

Jenis-jenis bacaan yang bisa kalian pilih seperti majalah, novel, koran, artikel, dan lain-lain.

  • Menulis

Tulislah kosakata atau kalimat yang kalian baru dapatkan, baik dari membaca ataupun mendengar. Hal ini membuat kalian jadi lebih mengingat kata atau kalimat lebih lama.

Kalian bisa mencobanya menulis di sebuah status di media sosial, blog pribadi, pesan text, ataupun di buku harian pribadi jika masih belum percaya diri untuk dilihat banyak orang.

2. Buat Jadwal Belajar

Ini penting agar belajar kalian lebih terarah dan teratur hingga mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya membuat jadwal belajar.

membuat-jadwal-salah-satu-cara-meningkatkan-kemampuan-bahasa-inggris

Misal dalam sebulan kalian bagi empat minggu, dalam setiap minggunya jadwalkan untuk mengasah kemampuan mendengar dan menulis. Minggu berikutnya, mengasah kemampuan membaca dan berbicara, dan seterusnya diulangi minggu berikutnya.

3. Tentukan Target yang Spesifik

Target terkadang membuat orang menjadi lebih terpacu dalam mengejar apa yang diinginkan, salah satunya belajar bahasa.

membuat-target-salah-satu-cara-meningkatkan-kemampuan-bahasa-inggris
Pic by Pexels

Buatlah target dalam pencapaian sehingga tidak terlalu umum. Misal, kalian ingin menambah kosakata 100 dalam waktu dua minggu atau dalam waktu sebulan kalian ingin bisa menceritakan tentang hobi kalian dalam bahasa inggris dengan lancar.

4. Realistis

Dalam menentukan target kalian juga harus realistis ya, jangan terlalu tinggi yang akhirnya akan menyusahkan kalian sendiri atau alih-alih plan tidak tercapai.

Kalian bisa mementukan target sederhana sesuai kemampuan, bukan kejar target hanya karena ingin cepat bisa berbahasa inggris.

Ingat belajar bahasa adalah sebuah proses tidak bisa secepat kilat. Misalnya kalian berharap ingin menguasai kosakata 1000 dalam waktu sebulan. Namun setelah itu, kalian stop belajar karena merasa lelah atau stres dengan pencapaian yang dibuat terlalu tinggi.

Nah, itulah 4 cara meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris yang dapat kalian coba. Jika cara yang digunakan tepat, hasilnya pun akan baik. Yang terpenting kalian harus konsisten melakukan hal-hal yang sudah dijelaskan di atas.

Tetap semangat, ya Kubbers belajarnya! Semoga berhasil 🙂

Salam 3M
Membaca, Menulis, Menginspirasi

 

Penulis : Rahmi Aulia N
Penyunting : Antin Aprianti

32 COMMENTS

  1. Salah satu cara mudah belajar bahasa inggris adalah dengan membiasakan penggunaan bahasa inggris pada setiap harinya. Semakin sering digunakan, maka akan semakin mudah terserap dalam pikiran.
    Selamat belajar berbahasa inggris.

  2. Ya ampun aku banget belajar dari sd sampe kuliah tp kemampuan gitu-gitu aja… Hahaha… Sampe sekarang jadinya males belajar lagi. Hufftt

  3. Ala bisa karena terbiasa, cara yang tepat untuk bisa belajar bahasa Inggris. Apalagi sekarang udah banyak banget metode pembelajaran yang simple dan bisa langsung di praktekin

    Makasih infonya Kak 😊

  4. Bener banget sih, harus konsisten. Bukan hanya dalam hal Belajar Bahasa Inggris doank, tapi apapun ya mesti harus konsisten. Naaaahhh ini nihh PR banget buat konsisten. BTW, thanks ya buat artikelnya.

  5. Bener banget nih… terutama point ‘mendengar’ untuk pelafalan yang tepat. Terus komitmen untuk belajar bahasa inggris tsb.

    • Bisa juga dengan menonton film berbahasa inggris. Cara yg sangat menyenangkan untuk belajar mendengar dan membaca percakapan yg diucapkan (dgn cttn menggunakan sub inggris), sambil memahami maksud dari percakapan dengan melihat tayangan yg diperankan oleh para pemain.

  6. Bahasa Inggrisku payah sekarang, sudah kalah sama anakku huhuhu. memang beberapa cara di atas bisa membantu. Senang diingatkan kembali. Yes, mesti semangat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris lagi!!

  7. Aku belum asah lagi bahasa inggrisku nie, akan coba lagi dehh dengan tips diatas, mungkin untuk melancarkan dan meningkatkan kemampuan bahasa inggris dalam hal berbicara perlu punya kawan bule keknya kak huhuhu.

  8. Waktu saya ikut kursus bahasa Inggris, guru saya selalu menyemangati anak didik nya agar berani mempraktekan berbicara dalam bahasa Inggris. Hasilnya kami memang jadi cukup percaya diri dan lebih mudah dalam mempelajari bahasa Inggris inu.

  9. Hahaha langkah2nya bener banget nih. Point pertama yang sering dilakukan. Tapi kadang kalau habis dengar talkshow atau film dari negara Inggris tetiba jadi ngikutin aksen British Hahaha. Lucu soalnya.

  10. Salah satu metode belajar English yg aku terapkan selain di atas adalah “Think English”. Dulu diajarin sm teacher di kantor. Jadi, baik saat membaca, mendengar atau bicara, kita langsung mikirin (think) kata dlm bahasa Inggrisnya dan kenyataannya tanpa harus translate dulu ke dlm bahasa Indonesia. Contoh: pas kita dengar electricity, langsung pikirannya ke listrik, otaknya ga usah diajak nerjemahin dulu..tp langsung mikir bendanya. Dan ini sgt memudahkan pemahaman.

    Satu lagi, cara lain (baru akan coba) adalah monolog tp dgn niruin dialog film. Apa aja..film yg disuka atau artis yg disuka..pas dia ngomong.. bener2 dicontek, intonasinya dll.. Fun banget ini..

    Sekian wkwkkw

  11. cara belajar nya boleh jugaa nihh, sangat berguna untuk aku yang kurang bahasa inggris nya teruma dalam berbicara untuk keseharian.. jadi mau bikin plan belajar sesuai diatass…

  12. Paling sulit buat belajar berbicara, rasa-rasanya udah bener eh ko tapi orang lain ga ngerti apa yang kita omongin ya 😅

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here